Friday 27 June 2014

Macam-macam Jenis Sarung Atlas



Sudah tidak asing rasanya telinga kita jika disebut kata Sarung Atlas, langsung teringat dengan sarung tenun khas Gresik debutan PT Behastex yang kaya akan motif dan estetika. Namun, kendati banyak yang mendengarnya tetapi saya tidak yakin mereka sepenuhnya mengenal sarung Atlas dengan semestinya. Mengapa demikian? Karena saya sering sekali ditanya atau menjumpai seseorang yang bertanya," Pak ada sarung Atlas?" 


Tentu saja jawab saya, "Ya". Kemudian saya lanjut bertanya, "yang model apa Pak?" Lalu orang tersebut bertanya balik, "lho memang nya Atlas banyak ya modelnya?!" Hmm...

 Ya, begitulah... saya sering menjumpai hal demikian sehingga saya perlu menjelaskan di sini kepada Anda yang sedang mencari sarung Atlas, bahwa sarung Atlas itu banyak sekali corak motifnya dan beragam pula harganya. Keberagaman sarung Atlas bisa saja disesuaikan oleh budget pembeli atau nilai cita rasa kain tenun yang berkualitas prima sehingga setiap sarung Atlas memiliki segmen pasar sendiri.

Gak pake lama ceramahnya, yuk kita mengenal sarung Atlas lebih dalam lagi jangan setengah-setengah lagi biar gak salah, hehehe...

Sarung Atlas Kelas Bawah

Sarung Atlas di kelas ini meliputi:


Kelas sarung Atlas Low-End ini sangat diminati masyarakat karena harganya yang relatif murah bahkan murah meriah baik untuk koleksi pribadi atau untuk bingkisan hajatan meskipun kita harus puas dengan motif yang monoton kotak-kotak dan salur. Oleh karenanya sebutan dari sarung Atlas di kelas ini unik-unik; Favorit karena menjadi kesukaan, Idaman karena selalu dinanti dan Idola karena banyak yang menyukainya, hehehe... itu ilustrasi saya tapi ya kurang lebih begitu lah..

Sarung Atlas Kelas Menengah

Sarung Atlas di kelas ini meliputi:


Jika Anda mengamati lebih detail lagi, maka akan nampak berbeda antara sarung Atlas kelas low-end dan Atlas kelas mid-end. Pertama, dari sisi nama motif dan kedua dari sisi kuantitas benang yang tersemat dalam tenunan sarung sehingga kualitas akan nampak berbeda antara benang 4000 dengan benang 5000 yang menjanjikan kehalusan kain dan kerapatannya. Oleh karenanya sarung ini sangat begitu digemari oleh masyarakat meskipun harga relatif tinggi.

Sarung Atlas Kelas Atas

Sarung Atlas di kelas ini meliputi:

- Atlas Super Songket 7000 benang

Hmm, dari namanya saja sudah beda ya dari yang sebelum-sebelumnya. Benang sudah 7000, wow!! Sangat halus dan lembut, belum lagi motifnya yang macam-macam apalagi ada Jacquard nya, terutama yang Atlas Jacquard Classic sangat bagus. Bagi Anda pecinta sarung Atlas, Anda akan disuguhi sarung Atlas tingkat tinggi yang tentunya akan merogoh kocek yang tidak teramat dalam hehehe.. tidak sedalam untuk membeli sarung BHS kok, hehehe...

Ok, itu tadi penjelasan singkat dari saya tentang sarung Atlas karya utama PT. Behaestex Gresik. Penjelasan tentang pembedaan kelas itu hanya semata-mata ilustrasi saya untuk memudahkan pengertian kepada Anda. Untuk mengetahui masing-masing tipe sarung Atlas, silahkan klik pada nama sarungnya karena ada link yang terhubung dengan artikel terkait.

Semoga dengan penjelasan ini Anda semakin paham ternyata sarung Atlas itu tidak hanya satu tipe atau satu motif, tetapi sangat beragam. Mulai yang biasa-biasa motifnya hingga yang luar biasa, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Semua disesuaikan minat dan keuangan Anda. Selamat berbelanja sarung Atlas di Hasan El Bisah. PASTI MURAH!!!